pikiran rakyat online
AS Pertahankan Pangkalan Militer di Jepang

Kamis, 18/03/2010 – 21:49
WASHINGTON, (PRLM).- Amerika Serikat (AS), Rabu (17/3), mengatakan bahwa pihaknya perlu untuk mempertahankan pangkalan militer di Pulau Okinawa, Jepang, untuk mempertahankan kawasan itu, di saat pemerintah baru Jepang mempertimbangkan untuk mengganti rencana mula-mula.
Pejabat senior AS mengatakan kepada kongres bahwa sekalipun mereka menghormati keputusan pemerintahan Perdana Menteri Yukio Hatoyama yang berusia enam bulan, mereka berharap untuk tetap melanjutkan rencana mula-mula guna memindahkan pangkalan militer Futenma di Okinawa.
Michael Schiffer, seorang pejabat senior Pentagon, berkata dalam sebuah panel kongres bahwa pasukan di Okinawa adalah satu-satunya pasukan yang berada di darat “antara Hawai dan India” yang dapat dengan cepat dikirim apabila dibutuhkan.
“Futenma boleh jadi satu pangkalan dan satu bagian dari sebuah hubungan persekutuan yang lebih besar, namun perdamaian dan stabilitas di kawasan –tidak sedikit– tergantung dari kehadiran pasukan AS di Jepang,” kata Schiffer, wakil menteri pertahanan urusan Asia.
“AS tidak dapat memenuhi kewajibannya dalam perjanjian untuk mempertahankan Jepang, tidak dapat menjawab krisis kemanusiaan atau bencana alam, tidak dapat memenuhi komitmennya untuk perdamaian kawasan dan stabilitas tanpa lebih jauh menempatkan pasukan di Jepang,” katanya.
Berdasarkan perjanjian, Futenma akan dipindahkan dari kawasan padat di Ginowa ke lokasi yang lebih sepi. Schiffer dan Joseph Donovan, timpalannya dari Departemen Luar Negeri, mengatakan bahwa kesepakatan itu adalah yang penyelesaian terbaik untuk meminimalkan dampak terhadap Okinawa, dengan tetap mempertahankan pasukan di kawasan. (das)***

Tanggapan:

Politik luar negeri adalah kebijakan suatu negara yang berelasi dengan kepentingan nasional suatu negara dalam upaya mewujudkan kepentingan tersebut dari luar negaranya. Mungkin ini adalah alasan untuk Amerika Serikat untuk mempertahankan pangkalan militernya dijepang. Amerika serikat ingin mempertahankan hegemoninya pada kawasan ini, guna melancar segala kepentingannya yang ada pada kawasan ini.

Mengapa bisa ada pangkalan militer Amerika Serikat diJepang?

dahulu, pada saat perang dunia II berakhir berdasarkan perjanjian San Fransisco Jepang adalah pihak yang kalah dan Amerika termasuk pemenang dalam perang ini. oleh karena itu, Jepang dihukum agar tidak diperbolehkan memiliki angkatan perang sendiri, dan agar tidak ada negara lain yang menyerang Jepang, Amerika yang bertanggung jawab atas keamanan diJepang. Maka untuk itu oleh Amerika perlulah dibentuk pangkalan militer Amerika Serikat dijepang.

Dahulu kita mengetahui tujuan lain dari Amerika Serikat pada kawasan ini adalah upaya pembendungan ideologi yang biasa disebut containment policy terhadap paham yang bertantangan dengannya pada saat itu yaitu komunis. kita sendiri mengetahui dalam wilayah ini terdapat berbagai macam resiko konflik yang ada, seperti konflik China-Taiwan, Korsel-Korut, China-Jepang. Yang tidak lain adalah negara-negara yang terlibat merupakan negara sekutu Amerika serikat. Maka memang perlu adanya pangkalan militer dikawasan tersebut guna menjamin keamanan bagi sekutu-sekutu Amerika.

Mengapa Amerika serikat ‘ngotot’ untuk mempertahankan pangkalan militernya diokinawa?

Pangkalan militer Amerika diJepang memang jumlah tidak hanya satu buah diJepang, namun pangkalan militernya diokinawa ini merupakan pangkalan militer terbesar Amerika diJepang. Menurut artikel diatas juga menjelaskan bahwa pangkalan militer ini memiliki posisi yang strategis terhadap kawasan dan sekitarnya.

Seiring dengan berjalannya waktu juga telah terjadi asimilasi antara tentara Amerika dengan penduduk lokal setempat. Dan banyak pula tentara amerika disana yang sudah memiliki rumah tangga dengan penduduk lokal. Sehingga membuat Amerikas merasa mendapatkan ‘tanggungan lebih’ terhadap keamanan para warga negaranya yang ada pada wilayah itu. Mungkin juga ada masalah biaya dan waktu yang memberatkan Amerika untuk memindahkan pangkalan militernya. Untuk sebuah pangkalan militer yang sebesar itu tidak diperlukan dana yang sedikit, dan jika dipindahkan siapa yang akan menanggungnya. Dan apa bila saat dipindahkan akan terjadi pelemahan kekuatan Amerika untuk sementara, karena fokus perhatian sedang ditujukan pada pekerjaan memindahkan pangkalan ini, siapa yang akan menjamin keamanan bila pada saat itu terjadi penyerangan oleh pihak-pihak tertentu.

Daftar pustaka:
http://www.pikiran-rakyat.com/node/109341
http://warstories.multiply.com/journal/item/1
http://id.wikipedia.org/wiki/Perjanjian_San_Francisco
http://unesaprodijepang.wordpress.com/2009/09/10/jepang-kini-pangkalan-militer-amerika/